Eksploitasi Ekonomi Digital Di Philippines

perkembangan ekonomi digital

Menurutnya, para pelaku usaha, khususnya UMKM, akan mendapatkan keuntungan lebih apabila telah menggunakan teknologi digital. “ Digitalisasi sektor jasa Indonesia sangat berguna untuk mendorong daya saing dan produktivitas pelaku industri, ” ujar Executive Director Indonesia Services Dialogue, Devi Ariyan dalam diskusi virtual, Senin (19/10/2020).

Pasalnya, ekonomi berbasis digital membutuhkan berbagai perangkat keamanan agar tidak mudah diretas oleh hacker. Karena sistem digital sangat rentan disusupi orang jahat yang bisa menguras semua asset Anda. Menurut Indra, penanaman modal asing di sektor tersebut dalam sembilan bulan terakhir hingga September sudah mencapai US$ 2, 4 miliar dan penanaman modal dalam negeri Rp 73 triliun. Diprediksi angka ini akan terus membesar seiring perubahan gaya hidup yang mengarah ke digitalisasi. JAKARTA, investor. id – Animo investor dalam dan luar negeri untuk menanamkan modal di sektor industri digital di Indonesia sangat tinggi. Ke depan, nilai investasi sektor tersebut diyakini bakal melonjak, seiring laju transformasi digital besar-besaran di segala lini kehidupan. Hal itu disebakna karena, kurangnya edukasi masyarakat tentang sistem perbankan maupun mekanisme transaksi lain yang menggunakan metode digital.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Google dan Temasek, bahwa Asia Tenggara memiliki potensi pasar online yang sangat luar biasa besar untuk bisnis mendatang. Laporan tersebut menyebutkan pasar online di Asia Tenggara mencapai USD 200 miliar atau 2. 647 triliun di tahun 2025. Kendati demikian, digitalisasi untuk lini ekonomi tidak selamanya memiliki efek positif.

perkembangan ekonomi digital

memiliki 9 SMK, 9 Politeknik, dan 1 Akademi Komunitas yang telah menjadi rujukan bagi pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia karena berhasil membangun sistem pendidikan yang benar-benar berbasis kompetensi serta link and match dengan dunia industri. Sugeng menyampaikan seluruh pemangku kepentingan perlu bergotong royong menciptakan iklim digital ekonomi yang baik. Antara lain dengan cara interlink yang kuat antara keuangan digital dengan ekonomi digital. Menurutnya, revisi PP 82/2012 dalam bentuk PP 71/2019 menjadi jalan keluar yang cukup baik, tidak hanya menghilangkan restriksi tetapi juga meningkatkan kepastian hukum bagi pelaku usaha. “Saat ini industri tergabung dalam satu rantai nilai global, dimana perkembangan teknologi informasi memudahkan koordinasi industri lintas negara, ” ujar Devi. Sebab, teknologi digital akan mampu memberikan jangkauan pasar yang lebih luas bagi para pelaku UMKM.

Potensi lainnya, untuk bisa mengembangkan transaksi digital di KTI, lanjut Bambang karena kini sudah beroperasinya proyek Palapa Ring, yang dapat meningkatkan tingkat penetrasi ponsel dan internet. Menurut Ibrahim, berdasarkan definisi dari ekonomi digtal, terdapat dua konsep utama yang menjadi core dari ekonomi digital, yaitu Infrastructure, Communication, and Technology dan internet. Internet dan ICT kemudian dibagi lagi dalam empat lapisan atau layer, yaitu network elements, networks operator, apps and internet content, serta consumer. Heru menambahkan, kerjasama Grab dan TPI bukan merupakan judi bola online persaingan usaha yang tidak sehat karena tidak ada kerugian di sisi masyarakat pengguna bisnis online, baik dari segi layanan maupun tarif. Sebaliknya, tatanan hukum ekonomi yang gagal memberi kepastian hukum menjadi disinsentif pelaku ekonomi memulai dan menjalankan usaha dan akhirnya, penciptaan lapangan kerja dan kesejahteraan yang seharusnya berlangsung malah urung terjadi. Tujuan dari suatu tatanan hukum ekonomi, dikatakan Heru, adalah kepastian hukum yang membuat semua pelaku ekonomi mendapat insentif melakukan bisnis dan akhirnya menciptakan kesejahteraan rakyat secara luas.